Tugas Pemograman Dasar X TKJ 1 SMK N 1 Boyolali

1. Apa yang anda ketahui tentang Variabel ?
Variabel adalah tempat untuk menyimpan suatu nilai, seperti angka, string, jumlah array, atau hasil dari fungsi
2. Bagaimanakah  aturan penamaan sebuah variabel ?  
                  - Nama variabel harus diawali dengan huruf atau underscore “_” dan tidak boleh diawali dengan angka. 
-   Nama variabel boleh terdiri dari karakter alpha-numeric dan underscore (a-Z, 0-9, dan _).
- Tidak mengandung spasi (spaces). Jika nama variabel lebih dari satu kata, dipisahkan dengan underscore atau dengan huruf kapital pada kata kedua.

  3. Apa yang anda ketahui tentang tipe data ?
Tipe data adalah jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel. 
4. Bagaimanakah struktur program Pascal ?
1. Judul program
2. Blok program
a. Bagian deklarasi
– deklarasi label
– defenisi konstanta
– definisi tipe
– deklarasi variabel
– deklarasi prosedur
– deklarasi fungsi
b. Bagian pernyataan 
5. Buatlah sebuah algoritma untuk menghitung rata – rata dari inputan 3 nilai !






 
6. Tulislah program pascal dari algoritma yang anda buat !
program HitungNilaiRataRata;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
TYPE
  LARIKINT = ARRAY[1..100] OF INTEGER;
Var
  I,N : INTEGER;
  JUMLAH,RATA : REAL;
  A : LARIKINT;
PROCEDURE HITUNGRATARATA(A:LARIKINT; N:INTEGER; RATA:REAL);
BEGIN
I := 1;
JUMLAH := 0;
WRITE('JUMLAH DATA = ');READLN(N);
for I:=1 TO N DO
  BEGIN
    WRITE('NILAI KE-',I,' = ');READLN(A[I]);
    JUMLAH := JUMLAH + A[I];
  END;
  RATA := JUMLAH/N;
  WRITELN('RATA = ',RATA:0:3);
END;
{PROGRAM UTAMA}
begin
HITUNGRATARATA(A,N,RATA);
READLN;
end. 
7.  Buatlah alogoritma pemilihan untuk menghitung luas segitiga dan bujur sangkar berdasarkan input yang ada ! 
 a.Luas segitiga
Judul : tuliskan algoritma untuk menghitung rumus luas segitiga
Spesifikasi : {Menghitung luas segitiga jika diketahui panjang alas dan tinggi segitiga. Alas dan tinggi diinput dari user. Kemudian  Luas dihitung  menggunakan rumus Luas = 0,5 x alas x tinggi. Kemudian mencetak output berupa luas segitiga.
Deklarasi (kamus):  a , t , l = real
Deskripsi:
Read(a,t)
L = 0.5 * a * t
Write(L)
b.      Menghitung luas bujur sangkar
Deklarasi    : int s, Luas ;
Deskripsi    :
Mulai (Start) ;
Masukkan Nilai s ;
Baca nilai s ;
Hitung Luas = s * s ;
Tampilkan Luas ;
Selesai (Finish) ; 
8. Tulislah program pascal dari algoritma yang anda buat !
a.       Program Menghitung Luas Segitiga

program luas;
uses crt;
var
a,t: integer;
L: real;
begin
clrscr;
write('Masukan Nilai Alas:');
readln (a);
write('Masukan Nilai Tingi:');
readln(t);
writeln(' ');
L:=(a*t)/2;
writeln('Luas Segitiga adalah =',L:6:2);
readln;
end.
b.      program menghitung luas bujur sangkar
program bujur_sangkar;
uses wincrt;
var s,l:real;
begin
     writeln('                      ===================================');
     writeln('                      ==*Menghitung Luas Bujur Sangkar*==');
     writeln('================================================================================');
     writeln;
     writeln;
     write('Masukkan sisi bujur sangkar    = '); readln(s);
     writeln;
     l:=s*s;
     write('Maka luas bujur sangkar        = ',l:5:2);
     writeln;
     writeln;
     writeln;
     write('================================================================================');
     writeln('                      ==*KzN*==');
     writeln('                      ==================================');
end.



0 Response to "Tugas Pemograman Dasar X TKJ 1 SMK N 1 Boyolali"

Post a Comment