Variabel adalah tempat untuk menyimpan
suatu nilai, seperti angka, string, jumlah array, atau hasil dari
fungsi
2. Bagaimanakah aturan penamaan sebuah variabel ?
2. Bagaimanakah aturan penamaan sebuah variabel ?
- Nama variabel harus diawali dengan huruf atau underscore
“_” dan tidak boleh diawali dengan angka.
3. Apa yang anda ketahui tentang tipe data ?
-
Nama variabel boleh terdiri dari karakter alpha-numeric
dan underscore (a-Z, 0-9, dan _).
- Tidak mengandung spasi (spaces). Jika
nama variabel lebih dari satu kata, dipisahkan dengan underscore atau
dengan huruf kapital pada kata kedua.
3. Apa yang anda ketahui tentang tipe data ?
Tipe data adalah jenis nilai yang dapat
ditampung oleh suatu variabel.
4. Bagaimanakah struktur program Pascal ?
4. Bagaimanakah struktur program Pascal ?
1. Judul program
2. Blok program
a. Bagian deklarasi
– deklarasi label
– defenisi konstanta
– definisi tipe
– deklarasi variabel
– deklarasi prosedur
– deklarasi fungsi
– deklarasi label
– defenisi konstanta
– definisi tipe
– deklarasi variabel
– deklarasi prosedur
– deklarasi fungsi
b. Bagian pernyataan
5. Buatlah sebuah algoritma untuk menghitung rata – rata dari inputan 3 nilai !
5. Buatlah sebuah algoritma untuk menghitung rata – rata dari inputan 3 nilai !

6. Tulislah program pascal dari algoritma yang anda buat !
program HitungNilaiRataRata;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
SysUtils;
TYPE
LARIKINT = ARRAY[1..100] OF INTEGER;
Var
JUMLAH,RATA : REAL;
A : LARIKINT;
PROCEDURE HITUNGRATARATA(A:LARIKINT; N:INTEGER; RATA:REAL);
BEGIN
I := 1;
JUMLAH := 0;
WRITE('JUMLAH DATA = ');READLN(N);
for I:=1 TO N DO
BEGIN
WRITE('NILAI KE-',I,' =
');READLN(A[I]);
JUMLAH := JUMLAH + A[I];
END;
RATA := JUMLAH/N;
WRITELN('RATA = ',RATA:0:3);
END;
{PROGRAM UTAMA}
begin
HITUNGRATARATA(A,N,RATA);
READLN;
end.
7. Buatlah alogoritma pemilihan untuk menghitung luas segitiga dan bujur sangkar berdasarkan input yang ada !
a.Luas segitiga
7. Buatlah alogoritma pemilihan untuk menghitung luas segitiga dan bujur sangkar berdasarkan input yang ada !
a.Luas segitiga
Judul : tuliskan algoritma untuk menghitung rumus
luas segitiga
Spesifikasi : {Menghitung luas segitiga jika
diketahui panjang alas dan tinggi segitiga. Alas dan tinggi diinput dari user.
Kemudian Luas dihitung menggunakan rumus Luas = 0,5 x alas x
tinggi. Kemudian mencetak output berupa luas segitiga.
Deklarasi (kamus): a , t , l = real
Deskripsi:
Read(a,t)
L = 0.5 * a * t
Write(L)
b. Menghitung luas bujur sangkar
Deklarasi : int s, Luas ;
Deskripsi :
Deskripsi :
Mulai (Start) ;
Masukkan Nilai s ;
Baca nilai s ;
Hitung Luas = s * s ;
Tampilkan Luas ;
Selesai (Finish) ;
8. Tulislah program pascal dari algoritma yang anda buat !
8. Tulislah program pascal dari algoritma yang anda buat !
a.
Program
Menghitung Luas Segitiga
program luas;
uses crt;
var
a,t: integer;
L: real;
begin
clrscr;
write('Masukan Nilai Alas:');
readln (a);
write('Masukan Nilai Tingi:');
readln(t);
writeln(' ');
L:=(a*t)/2;
writeln('Luas Segitiga adalah =',L:6:2);
readln;
end.
program luas;
uses crt;
var
a,t: integer;
L: real;
begin
clrscr;
write('Masukan Nilai Alas:');
readln (a);
write('Masukan Nilai Tingi:');
readln(t);
writeln(' ');
L:=(a*t)/2;
writeln('Luas Segitiga adalah =',L:6:2);
readln;
end.
b. program menghitung luas bujur
sangkar
program
bujur_sangkar;
uses wincrt;
var s,l:real;
begin
writeln(' ===================================');
writeln(' ==*Menghitung Luas Bujur Sangkar*==');
writeln('================================================================================');
writeln;
writeln;
write('Masukkan sisi bujur sangkar = '); readln(s);
writeln;
l:=s*s;
write('Maka luas bujur sangkar = ',l:5:2);
writeln;
writeln;
writeln;
write('================================================================================');
writeln(' ==*KzN*==');
writeln(' ==================================');
end.
uses wincrt;
var s,l:real;
begin
writeln(' ===================================');
writeln(' ==*Menghitung Luas Bujur Sangkar*==');
writeln('================================================================================');
writeln;
writeln;
write('Masukkan sisi bujur sangkar = '); readln(s);
writeln;
l:=s*s;
write('Maka luas bujur sangkar = ',l:5:2);
writeln;
writeln;
writeln;
write('================================================================================');
writeln(' ==*KzN*==');
writeln(' ==================================');
end.
0 Response to "Tugas Pemograman Dasar X TKJ 1 SMK N 1 Boyolali"
Post a Comment